Senin, 06 Agustus 2018

Kasihan! Gara-Gara Menderita ALS, Stephen Hawking Tidak Bisa Gerak Selama 120 Tahun

Kasihan! Gara-Gara Menderita ALS, Stephen Hawking Tidak Bisa Gerak Selama 120 Tahun - Stephen Hawking wafat di umur 76 tahun. Salah satunya ilmuwan sangat dihormati di semua dunia ini terkenal tak akan dapat berjalan serta selalu ada diatas kursi roda spesial yang dapat membantunya bicara. Pemicu dari ketakmampuan Hawking untuk berjalan ini merupakan penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ASL) yang menyerangnya. 

Kasihan! Gara-Gara Menderita ALS, Stephen Hawking Tidak Bisa Gerak Selama 120 Tahun

Diambil dari CNN, Penyakit ASL menyerang sel saraf pada otak serta tulang belakang hingga membuat Hawking tak akan dapat memakai otot-otot pada hampir semua sisi tubuhnya. Beberapa sel saraf ini tak akan dapat mengatur otot hingga membuat Hawking lumpuh. Penyakit ini bahkan juga dapat membuat seorang tak akan makan, minum, bicara, atau bahkan juga bernapas. 

Hawking didiagnosis terserang penyakit ini waktu usianya baru 21 tahun, persisnya pada 1963 yang lalu. Waktu itu, dokter memvonis hidupnya cuma tinggal 2 tahun lagi. Akan tetapi, perubahan penyakit ini nyatanya tambah lebih lamban dari yang diprediksikan awal mulanya hingga membuat Hawking masih bertahan hidup sampai 5 dekade sesudahnya. 

Saat 5 dekade ini, Hawking yang lumpuh cuma dapat hidup karena pertolongan keluarganya serta tehnologi. Hanya satu anggota badan yang masih tetap dapat Ia pakai merupakan beberapa jari tangannya. Dengan jari-jari berikut Hawking dapat menjalankan computer spesial yang dapat membuahkan nada seperti yang Ia maksudkan. 

Menurut Centers for Disease Control (CDC), diprediksikan ada 20 ribu sampai 30 ribu pasien ALS di Amerika Serikat. Tiap-tiap tahunnya, ada 5 ribu masalah baru dari penyakit ini. Penderitanya umumnya merupakan beberapa orang dengan umur 55 sampai 75 tahun. Umumnya pasien ALS cuma dapat bertahan hidup 2 sampai 5 tahun sesudah tanda-tanda awal. 

Ada dua type ALS, yaitu ALS sporadis yang masih tetap jarang diketemukan serta ALS familial atau yang dikarenakan oleh aspek keturunan. Anak-anak dengan orangtua yang mempunyai permasalahan kesehatan ini mempunyai resiko 50 % terserang permasalahan yang sama. Lebih dari 90 % masalah ALS merupakan yang sejenis familial ini. 

Pemicu dari penyakit ini belum juga diketemukan. Ada beberapa ahli kesehatan yang menyebutkan aspek keturunan serta lingkungan yang tidak sehat dapat jadi pemicunya, akan tetapi beberapa ahli kesehatan yang lain menyebutkan aspek diet atau cedera menjadi pemicunya. 

Nah, Sahabat Sehat sempat lihat film mengenai Stephen Hawking belumlah? Judulnya “The Theory of Everything” serta cukuplah tenar, lo!
loading...

Related Posts

Kasihan! Gara-Gara Menderita ALS, Stephen Hawking Tidak Bisa Gerak Selama 120 Tahun
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.