Rabu, 08 Agustus 2018

Apakah benar Stres Bisa Mengakibatkan Kepala Botak? Begini Kata Ahli

Apakah benar Stres Bisa Mengakibatkan Kepala Botak? Begini Kata Ahli - Stress memang dapat memberi banyak efek jelek buat kesehatan badan. Bahkan juga, stress juga dapat memengaruhi tampilan kita. Sudah ada riset yang menunjukkan jika stress memang dapat membuat rambut kita beruban. Bahkan juga, cukuplah beberapa orang yang yakin bila stress dapat membuat kita alami kebotakan. Apa hal seperti ini benar ada? 

Apakah benar Stres Bisa Mengakibatkan Kepala Botak? Begini Kata Ahli

Dalam suatu riset, dijelaskan jika stress nyatanya memang bertindak besar pada permasalahan kebotakan. Terdaftar, 6, 7 sampai 96 % pemicu dari kebotakan nyatanya merupakan stress, terutamanya stress psikososial. Stress type ini dikarenakan oleh ancaman yang datang dari lingkungan sosial seperti tertekan karena keberhasilan rekanan kerja yang lain atau perasaan dibiarkan beberapa teman dekat yang awal mulanya sering bergabung bersamanya. Stress psikososial ini akan membuat penderitanya terasing, kesepian, serta tidak mempunyai support. Tidak diduga, hal seperti ini dapat berimbas pada kerontokan rambut yang cukuplah kronis. 

Ahli kesehatan menyebutkan tiga type kebotakan yang dipicu oleh stress yaitu alopecia areata, telogen effluvium, serta trikotilomania. Untuk kebotakan sejenis alopecia areata, stress akan mengakibatkan peradangan yang pada akhirnya berimbas pada penyakit autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut yang cukuplah kronis. Umumnya, kebotakan ini mempunyai alur melingkar serta rata di semua kepala. Untuk type kebotakan telogen effluvium, karena itu kita akan alami kerontokan yang begitu kronis, yaitu lebih dari seratus helai rambut dalam satu hari. Selain itu, kebotakan sejenis trikotilomania berlangsung karena rutinitas menjambak rambut sendiri waktu stress atau terasa kuatir yang membuat rambut serta kulit kepala alami rusaknya. 

Untuk menahan kebotakan waktu terserang stress, ahli kesehatan merekomendasikan kita selalu untuk tidur dengan waktu yang cukuplah, konsumsi makanan bergizi, terutamanya yang kaya protein, serta perbanyak air minum. Beberapa macam makanan yang baik buat rambut merupakan sayur bayam, tahu, kacang-kacangan, susu, dan teh hijau.
loading...

Related Posts

Apakah benar Stres Bisa Mengakibatkan Kepala Botak? Begini Kata Ahli
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.