Kamis, 26 Juli 2018

Waspadai! Fakta Kesehatan, Jauhi Kebiasaan Makan Ikan Asin yang Sangat Kerap Karena Dapat Menyebabkan Penyakit Yang Mematikan Ini

Waspadai! Fakta Kesehatan, Jauhi Kebiasaan Makan Ikan Asin yang Sangat Kerap Karena Dapat Menyebabkan Penyakit Yang Mematikan Ini - Salah satunya lauk yang disukai oleh semuanya kelompok di Tanah Air merupakan ikan asin. Gabungan lauk ini dengan nasi hangat serta sambal pedas dapat membuat kita ketagihan. Cuma saja, sebetulnya apa tidak apa-apa bila kita sering konsumsi ikan asin? 

Waspadai! Fakta Kesehatan, Jauhi Kebiasaan Makan Ikan Asin yang Sangat Kerap Karena Dapat Menyebabkan Penyakit Yang Mematikan Ini

Ahli kesehatan dr. Budianto Komari, Sp THT yang datang dari Rumah Sakit Kanker Dharmais mengatakan jika didalam ikan asin yang begitu nikmat ini ada kandungan nitrosamine yang dapat aktifkan virus Epsein-Barr. Virus berikut sebagai penyebab utama kanker tenggorokan atau kanker nasofaring. Ada kandungan nitrosamine yang berbentuk karsinogen ini dikarenakan oleh proses pengasinan serta penjemuran dari ikan asin yang membuat cahaya matahari bereaksi dengan kandungan nitrit didalam daging ikan. Tidak hanya ikan asin, beberapa produk makanan yang diawetkan yang lain nyatanya juga mempunyai kandungan nitrosamine ini. 

Di daerah seputar China Selatan yang penduduknya rata-rata profesinya menjadi nelayan yang hoby konsumsi ikan asin nyatanya masalah kanker nasofaringnya cukuplah tinggi. Beberapa periset juga setuju bila sebabnya merupakan mengkonsumsi ikan asin itu. 

Sebetulnya, virus Epsein-Barr ini dapat diketemukan dimanapun, termasuk juga di hawa yang kita hirup keseharian. Cuma saja, virus ini akan tidak aktif bila tidak ada beberapa hal yang dapat jadi pemicunya. Tidak hanya karena aspek genetik, pola hidup tidak sehat seperti merokok, konsumsi minuman mengandung alkohol serta sering terkena polusi dapat juga jadi penyebab aktifnya virus ini. Bila kita bekerja ditempat yang banyak polusinya seperti di pabrik kimia, tempat peleburan besi, atau sering ada ditempat dengan dupa atau menyan, kita akan rawan terserang kanker nasofaring. 

Lalu, apa hal seperti ini bermakna kita baiknya tidak konsumsi ikan asin? Dr. Budianto mengatakan jika seandainya tidak dikerjakan sering-sering, tidak apa-apa untuk konsumsi ikan asin menjadi lauk. Cuma saja, janganlah lupakan makanan sehat seperti sayuran serta buah yang begitu diperlukan oleh badan.
loading...

Related Posts

Waspadai! Fakta Kesehatan, Jauhi Kebiasaan Makan Ikan Asin yang Sangat Kerap Karena Dapat Menyebabkan Penyakit Yang Mematikan Ini
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.