Kamis, 31 Mei 2018

Proses Melahirkan Normal Dari Awal Sampai Akhir Tanpa Rasa sakit Yang Perlu Di Ketahui Ibu Hamil

Proses Melahirkan Normal Dari Awal Sampai Akhir Tanpa Rasa sakit Yang Perlu Di Ketahui Ibu Hamil - Ibu hamil sering terasa kuatir karna dibebani fikiran masalah sistem melahirkan. Lumrah saja, sebab momen ini adalah pertaruhan pada hidup serta mati untuk seseorang wanita. Juga tiap-tiap calon ibu tentu inginkan persalinannya jalan lancar serta cepat.

Proses Melahirkan Normal Dari Awal Sampai Akhir Tanpa Rasa sakit Yang Perlu Di Ketahui Ibu Hamil

Sayangnya, terdapat banyak keadaan yang mengakibatkan sistem persalinan sedikit terhalang, dari mulai bukaan jalan lahir yang tidak kunjung jadi bertambah, hingga letak kepala bayi yang tidak cocok. Di bawah ini yaitu fase-fase melahirkan dengan normal.

3 Bagian Sistem Melahirkan Normal 

1. Step Pertama 
Step pertama melahirkan sendiri dibagi dalam 2 fase, yakni fase awal serta aktif.


  • Fase awal, diikuti dengan terbuka serta semakin menipisnya leher rahim. Sepanjang ada dalam fase ini, Bunda juga akan rasakan kontraksi enteng yang waktunya berjalan 30 hingga 90 detik, dengan jeda tiap-tiap 5 menit. 

Semakin lama, leher rahim juga akan terbuka lebih lebar menjangkau 4 cm. Pada saat berbarengan juga akan keluar lendir bercampur darah dari dalam vagina. Biasanya, fase awal ini berjalan sekitaran 6-12 jam. Namun, hal semacam ini mungkin berlainan pada semasing ibu.


  • Fase aktif, waktu masuk fase ini, leher rahim juga akan terbuka hingga 10 cm kurun waktu yang lebih cepat. Kontraksi juga berlangsung dalam frekwensi yang seringkali, lebih lama, serta lebih kuat. 

Terkecuali kontraksi, calon ibu akan alami mual, kram kaki, dan sakit di bagian punggung. Di fase ini jugalah air ketuban juga akan pecah. Nah, step berikut yang seringkali disebut-sebut jadi fase paling menyakitkan dari sistem melahirkan dengan normal.

Namun, Bunda tidak butuh takut atau cemas. Sepanjang kontraksi berjalan, upayakan mengatur napas supaya fikiran lebih tenang serta relaks. Anda juga dapat memohon pasangan untuk tetaplah temani.

2. Step Kedua 
Step ke-2 adalah sisi dari sistem melahirkan saat ibu mendorong kuat bayi supaya keluar dari perut. Waktu telah mulai mengejan, ibu akan tidak sekali lagi alami kontraksi seperti pada fase-fase terlebih dulu. Fase mengejan ini cuma dilewati oleh calon ibu yang melahirkan dengan spontan, bukanlah lewat bedah caesar.

Bayi juga akan turun mencari jalan lahirnya sendiri. Oleh karenanya, Anda tidaklah perlu memaksa diri untuk mengejan sebelumnya saatnya. Biarlah sistem ini jalan dengan alami. Atur fikiran supaya lebih relaks serta tidak stres.

Makin lama, juga akan keluar benjolan yang disebut kepala bayi diantara vagina serta anus. Semakin kuat Anda mendorong, semakin cepat kepala si bayi keluar, yang lalu juga akan disusul oleh bahu serta semua badannya.

3. Bagian Ketiga 
Selesai si bayi keluar, bukanlah bermakna sistem melahirkan usai, sebab masih tetap ada plasenta bayi yang perlu di keluarkan dari rahim. Biasanya plasenta juga akan keluar 5 hingga 10 menit sesudah melahirkan, tapi ada pula yang menelan saat hingga 30 menit.

Lama tidaknya persalinan juga di pengaruhi oleh keadaan kesehatan ibu sepanjang kehamilan. Karenanya, yakinkan Bunda cukup konsumsi makanan bergizi, dapat berbentuk buah, sayur, atau suplemen untuk ibu hamil sepanjang memiliki kandungan. Janganlah lupa juga untuk bebrapa seringkali lakukan berolahraga yang aman untuk ibu hamil supaya persalinan jalan lancar.

Inisiasi Menyusu Dini 

Sambil menanti plasenta keluar, Anda dapat memakai saat untuk memberi IMD (Inisiasi Menyusui Awal) pada bayi. IMD dikerjakan lewat cara mendekatkan mulut bayi pada puting payudara ibu. Biarlah si kecil aktif mencari serta menghisap puting Anda.

Sesudah plasenta keluar, umumnya dokter atau bidan juga akan menjahit jaringan kulit vagina yang butuh dijahit. Tidak usah takut sakit karna dokter juga akan menyuntikkan anestesi/bius pada ruang itu.

Persalinan memanglah adalah sistem yang lama, capek, serta sakit. Namun, hal itu pasti tak ada apa-apanya sesudah Anda berjumpa dengan buah hati, bukan? Jadi, tetaplah semangat ya, Bunda. Mudah-mudahan sistem kelahiran kelak jalan lancar tanpa ada kendala apapun.
loading...

Related Posts

Proses Melahirkan Normal Dari Awal Sampai Akhir Tanpa Rasa sakit Yang Perlu Di Ketahui Ibu Hamil
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.