Kamis, 31 Mei 2018

Pentingnya Peran Seorang Ayah Dalam Mendidik Anak

Pentingnya Peran Seorang Ayah Dalam Mendidik Anak - Tidak cuma ibu, seseorang bapak mempunyai peranan yang begitu perlu dalam membesarkan anak. Sama dengan ibu, hadirnya bapak dalam satu keluarga pasti tidak tergantikan. Oleh karenanya, bapak butuh turut dan dalam sistem pendidikan anak di dalam keluarga. Lantas, apa sajakah peranan bapak dalam membesarkan anak yang perlu untuk diketahui?

Pentingnya Peran Seorang Ayah Dalam Mendidik Anak

3 Type Alur Asuh dalam Mendidik Anak 

Seseorang psikolog perubahan, Diana Baumrind, mengelompokkan langkah mendidik anak dalam 3 type, yakni alur asuh otoriter, alur asuh berwibawa, serta alur asuh permisif.

1. Authoritarian 
Alur asuh authoritarian atau otoriter yaitu langkah mengasuh anak dengan disiplin tinggi. Umumnya, orangtua dengan alur asuh begini mempunyai standar serta keinginan yang begitu tinggi pada anaknya. Satu diantara ciri dari alur asuh otoriter yaitu memakai hukuman saat seseorang anak tidak lakukan atau menjangkau apa yang diinginkan oleh orang tuanya.

2. Authoritative 
Alur asuh authoritative atau berwibawa yaitu langkah mengasuh anak dengan memberi kebebasan, namun tetaplah ada beberapa batasan yang perlu dipenuhi. Disiplin digerakkan, namun tetaplah ada kebebasan yang bertanggungjawab. Diskusi dapat dikerjakan, namun orangtua tetaplah jadi penentu ketentuan. Alur asuh begini dipandang lebih efisien banyaknya kelompok.

3. Permissive 
Paling akhir, alur asuh permisif yaitu langkah mengasuh anak dengan memakai memberi banyak kebebasan, yang umumnya menyebabkan anak jadi kurang disiplin. Orangtua dengan style asuh begini umumnya memberi kebebasan penuh pada anaknya untuk beraktivitas yang mereka kehendaki.

Ke-3 type alur asuh ini hasilkan perubahan yang berlainan. Anak yang dididik dengan alur asuh otoriter relatif juga akan menarik diri, tidak yakin diri, memendam kemarahan, serta ada beberapa hal yg tidak pernah ia ungkapkan.

Demikian sebaliknya, anak yang di besarkan dengan alur asuh permisif juga akan tumbuh jadi anak yang lakukan semua suatu hal sesukanya. Ia mengerti kalau orangtua memperbolehkan lakukan apapun karna terasa dicintai.

Profil atau peranan bapak dalam membesarkan anak begitu perlu, yakni membuat keseimbangan dalam sistem pendidikan dirumah. Dalam hal semacam ini, alur asuh berwibawa yaitu sisi dari peranan bapak serta ibu dengan bersama. Saat bapak memberi aksi disiplin, ibu jadi sumber cinta, demikian halnya demikian sebaliknya. Keduanya adalah kesatuan yg tidak dapat dipisahkan agar anak memperoleh didikan paling baik.

Peranan Bapak dalam Membesarkan Anak di Tiap-tiap Step Perkembangan 

Ibu serta bapak mempunyai pendekatan yang berlainan pada anak dalam tiap-tiap step perubahan yang dilewati. Dalam disertasi doktoralnya, seseorang pengajar pengetahuan psikologi senior di Wellesley College, yakni Sheila Brachfeld-Child menyebutkan peranan bapak dalam mendidik anak berbentuk lebih aktif.

Bapak juga akan mengorbitkan anaknya ke udara serta mengajaknya berguling di lantai. Kesibukan begini bermanfaat untuk melatih gerak motorik kasar anak. Disamping itu, ibu juga akan melatih beberapa hal yang terkait dengan motorik halus, seperti memainkan jari atau ketrampilan yang lain seperti bernyanyi. Ke-2 peranan ini berlainan serta begitu perlu dalam masa perubahan anak menuju dewasa.

Hal semacam ini juga yang dijelaskan oleh Michael Lamb, profesor di jurusan psikologi, University of Cambridge. Lamb menyebutkan kalau anak juga akan mencari bapak saat mereka menginginkan bermain serta mencari ibu saat mereka stres atau sedih.

Terutama untuk anak wanita, peranan bapak begitu perlu serta beresiko dalam membuat harga diri mereka. Bapak juga bertindak otomatis memastikan langkah anak wanita tumbuh jadi wanita dewasa. Pada umumnya, anak juga akan mengikuti serta mengerti apa sajakah yang bisa serta tidak bisa dikerjakan lewat aktivitas orangtua mereka.

Ketidaksamaan Peranan Seseorang Ayah 

Jika di perhatikan, ada ketidaksamaan yang cukup penting pada peranan bapak dalam mendidik anak wanita serta anak lelakinya. Bapak umumnya lebih ketat mendidik anak wanita terlebih pada saat remaja. Di sinilah bapak memainkan peranan yang formatif.

Demikian sebaliknya, dengan anak lelaki, bapak juga akan alami perubahan peranan. Saat makin dewasa, jalinan keduanya semakin banyak dalam tempat jalinan pertemanan. Ini dipandang lebih efisien karna seseorang anak lelaki juga akan tumbuh seperti ayahnya.

Karna perubahan jaman, peranan bapak serta ibu saat ini telah nyaris sama. Banyak bapak yang ahli merawat anak serta banyak ibu yang lebih konsentrasi mencari nafkah. Meski begitu, ke-2 peranan itu sama perlunya.

Diambil dari huffingtonpost. com, Dr Gail Gross, seseorang pakar parenting, menyebutkan anak-anak yang dekat serta disayangi oleh ayahnya tidak mempunyai problem pada tingkah laku, bahkan juga tidak berkaitan narkoba atau alkhohol. Namun, bila peranan bapak tidak berperan, anak umumnya alami banyak problem seperti di sekolah.

Bukan sekedar Ibu, peranan bapak dalam membesarkan anak benar-benar sangat perlu serta vital. Oleh karenanya, bapak juga mesti memantaskan diri agar makin layak untuk jadi referensi serta teladan untuk anak-anaknya.
loading...

Related Posts

Pentingnya Peran Seorang Ayah Dalam Mendidik Anak
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.