Rabu, 30 Mei 2018

Cara Menggendong Bayi Sesuai Dengan Usia Yang Nyaman Dan Benar

Cara Menggendong Bayi Sesuai Dengan Usia Yang Nyaman Dan Benar - Menggendong bayi adalah satu diantara langkah untuk merekatkan ikatan batin pada anak serta orang tuanya. Perlakuan ini diakui dapat buat bayi terasa bahagia. Diluar itu, si kecil dapat juga mengetahui sosok yang memanggulnya. Menurut KidsHealth, ikatan emosional yang erat dengan orang tuanya dapat menolong perubahan mental anak.

Cara Menggendong Bayi Sesuai Dengan Usia Yang Nyaman Dan Benar

Langkah Menggendong Bayi Berdasar pada Usia 

Menggendong bayi tidak bisa dikerjakan dengan asal-asalan karna bisa meneror kesehatan sang bayi. Pasalnya, otot serta tulang-tulangnya masih tetap lemah. Cermati cara-cara menggendong bayi berdasar pada grup usianya di bawah ini supaya ia terasa aman serta nyaman.


  • Bayi Baru Lahir 

Ditulis dari website Mom Junction serta The Australian Parenting Situs, ada tujuh langkah paling baik untuk menggendong bayi yang baru dilahirkan. Di bawah ini penjelasan sedetailnya.

1. Sandarkan di Bahu 
Langkah menggendong bayi yang baru lahir pertama adalah dengan menumpukan kepala si kecil di bahu kanan atau kiri. Yakinkan pandangannya menghadap ke belakang. Lalu, tempatkan tangan Anda dibagian belakang kepala serta leher bayi. Sesaat tangan yang lain menyokong pangkal paha.

2. Menggendong di Lekuk Lengan 
Menggendong di lekuk lengan seringkali diaplikasikan oleh ibu yang mempunyai bayi berusia dibawah 3 bln.. Tempat ini dimaksud dengan menimang. Langkahnya, tempatkan kepala bayi dibagian lekuk lengan kanan atau kiri. Lalu, topang pangkal paha si kecil memakai tangan yang lain.

3. Tempat Tengkurap di Lengan 
Tehnik menggendong dengan kepala ada di lengan mesti dikerjakan dengan hati-hati. Pasalnya, si kecil ditempatkan dalam tempat tengkurap di lengan Anda. Disamping itu, ke-2 kaki serta tangan bayi dilewatkan menjuntai ke bawah.

4. Memakai Baby Sling 
Baby sling atau selempang bayi umumnya terbuat dari kain. Dahulu, beberapa ibu cuma memakai selendang untuk membawa bayinya. Namun saat ini, telah ada baby sling dengan desain spesial.

Menggunakan baby sling adalah langkah termudah untuk membawa bayi Anda. Biarpun sekian, ada ketentuan yang perlu dipatuhi supaya si kecil terasa nyaman. Pertama, baby sling mempunyai ikatan kuat serta tidak gampang robek. Setelah itu, bayi mesti digendong dengan tempat kepala menghadap ke arah dada Anda.

5. Gendong dengan Bertatap Muka 
Menggendong bayi dengan langkah tersebut dapat dikerjakan saat Anda menginginkan mengajak si kecil bicara serta bercanda. Pakai tangan kanan untuk menyokong kepala serta leher bayi. Tempatkan berwajah menghadap ke arah Anda. Lalu, sanggah badan sisi bawah bayi menggunakan tangan kiri.

6. Tempatkan si Kecil di Pangkuan 
Anda dapat mengaplikasikan panduan ini dalam tempat duduk di kursi. Langkahnya, sanggah kepala serta leher si kecil memakai telapak tangan. Usahakan letaknya ada di celah lutut. Disamping itu, biarlah badan bayi kemampuanng di pangkuan.


  • Bayi Berusia 4-6 Bulan 

Saat bayi masuk usia 4 bln., ganti sedikit langkah menggendongnya. Pada umur ini, si kecil alami perubahan fisik. Ia mulai dapat menggerakkan ke-2 tangan serta kaki, mengangkat kepala, dan menggenggam benda.

Diluar itu, otot serta sarafnya dapat bekerjasama dengan baik. Si kecil mulai ketahui langkah tengkurap serta berguling. Tulang-tulangnya juga perlahan-lahan menguat serta menyambung.

Lantas, bagaimana caranya yang pas menggendong si kecil berusia 4-6 bln.?

1. Tempat Duduk 
Masuk umur ini, bayi tidak sekali lagi sukai digendong lewat cara dibaringkan. Jadi, gendong buah hati Anda dengan tempat duduk.

Punggung bayi bertumpu di badan Anda, sedang tangan kiri menyokong pangkal pahanya. Hadapkan muka si kecil ke arah depan. Sanggah sisi dada dengan tangan kanan.

2. Menggendong di Pinggang 
Anda dapat juga menggendong bayi di pingang. Biarlah satu tangan menyokong badan sisi bawah si kecil. Yakinkan ia terasa nyaman waktu digendong dengan langkah tersebut.


  • Bayi Berusia 6 Bln. ke Atas 

Perubahan fisik bayi berusia 6 bln. tampak penting dengan kekuatannya menggerakkan anggota badan. Sisi kaki serta punggung si kecil mulai bekerjasama hingga ia dapat tengkurap sendiri.

Dengan bertahap, si kecil mulai belajar duduk walau mesti tetaplah didukung. Bagian perubahannya semakin tampak dengan pergerakan merangkak. Meskipun demikian, ia masih tetap memerlukan pertolongan Anda untuk mengerjakannya.

Masalah menggendong, Anda bebas menggunakan langkah apapun. Pasalnya, tulang serta otot bayi berusia 6 bln. telah cukup kuat. Dengan hal tersebut, Anda tidak butuh sekali lagi menyokong kepala serta lehernya memakai tangan.

Nah, tersebut langkah menggendong bayi yang benar serta pas sesuai sama usianya. Anda dapat pilih tehnik paling gampang, seandainya tetaplah aman untuk si kecil. Yakinkan tidak memeluknya sangat erat supaya buah hati dapat bernapas.

loading...

Related Posts

Cara Menggendong Bayi Sesuai Dengan Usia Yang Nyaman Dan Benar
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.