Rabu, 30 Mei 2018

Beberapa Jenis Buah Buahan Yang Dapat Menyebabkan Sembelit

Beberapa Jenis Buah Buahan Yang Dapat Menyebabkan Sembelit - Berapakah kali Anda buang air besar dalam satu minggu? Bila kurang dari 3x, bermakna itu tanda-tanda serangan sembelit. Umumnya, tanda sembelit dibarengi sakit perut, feses merasa keras, serta keluar darah dari pelepasan.

Beberapa Jenis Buah Buahan Yang Dapat Menyebabkan Sembelit

Lalu, apa penyebabnya konstipasi itu? Pertama, coba untuk mengingat type buah yang Anda mengkonsumsi akhir-akhir ini. Pasalnya, sebagian jenis buah dapat jadi penyebab sembelit.

Lalu, yakinkan Anda konsumsi buah itu lewat cara yang benar. Menurut dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK, makan buah dengan utuh tambah baik dari pada memotongnya atau dijus. Ia juga menyarankan untuk memakan beragam macam buah sehari-hari.

6 Buah Penyebabnya Sembelit 

Nah, di bawah ini adalah daftar buah penyebabnya sembelit yang perlu Anda kenali. Yuk, simak penjelasannya!

1. Pisang 
Siapa yg tidak suka pada pisang? Buah ini mempunyai struktur lembut dengan cita rasa manis. Kandungan nutrisinya berguna juga untuk kesehatan serta kecantikan.

Namun, konsumsi pisang sangat banyak, dapat mengakibatkan sulit buang air besar. Bila dilewatkan, tanda itu bisa menyebabkan konstipasi enteng. Kenapa sekian?

Dalam buah pisang ada senyawa fruktosa, glukosa, serta sukrosa. Ketiganya adalah type turunan dari disakarida atau gula. Diambil dari website healthmad. com, satu diantara penyebabnya konstipasi yaitu makanan berlemak serta memiliki kandungan gula.

Oleh karena itu, Anda tidak bisa konsumsi pisang lebih dari dua buah dalam satu hari. Referensi itu mempunyai tujuan untuk melindungi kemampuan usus besar supaya tetaplah normal.

2. Durian 
The king of fruit ; tersebut julukan yang didapatkan untuk buah durian. Lebih dari separuh orang didunia ini suka pada cita rasa durian. Konon, belumlah ada buah dengan kelezatan lebih dari durian.

Meskipun demikian, Anda mesti membatasi mengkonsumsi durian. Pasalnya, kandungan glukosa dalam buah ini cukup tinggi. Bila dikonsumsi terlalu berlebih, dapat mengakibatkan sulit buang air besar.

Buah durian juga memiliki kandungan banyak lemak. Meskipun zat ini dapat jadi cadangan daya, perlu saat lama untuk mengolahnya. Karenanya, penimbunan lemak bisa menghalangi metabolisme didalam badan.

3. Lengkeng 
Anda sempat makan buah lengkeng? Tanaman lengkeng datang dari Negara Myanmar. Seiring berjalannya waktu, tumbuhan ini menebar ke semua daratan Asia, termasuk juga ke Indonesia. Dengan bentuk yang unik serta cita rasa manis, lengkeng jadi makanan favorite di Nusantara.

Namun, siapa kira, konsumsi lengkeng terlalu berlebih dapat menyebabkan sembelit. Pasalnya, dalam 100 gr lengkeng memiliki kandungan 15 gr karbohidrat. Senyawa ini membawa unsur pati yang bisa menghalangi sistem metabolisme.

Sesungguhnya, tidak jadi masalah bila menginginkan konsumsi lengkeng. Namun, Anda mesti mengerti standard maksimum mengkonsumsi buah itu. Juga mesti diselingi dengan makan buah-buahan type beda.

4. Leci 
Buah dengan rasa manis memanglah paling banyak yang berminat, termasuk juga leci. Pohon leci berasal daratan Cina. Sepintas, penampilan luar leci serupa strobery ; merah serta bulat.

Namun, sisi dalam leci mirip buah lengkeng. Teksturnya berair, licin, serta berbiji tunggal.

Walau kandungan vitamin C dalam leci cukup tinggi, Anda mesti siaga. Buah ini juga dapat mengakibatkan tanda sembelit. Hal tersebut karna tiap-tiap 100 gr leci cuma mempunyai 1, 3 gr serat, namun kaya gula.

Kandungan gulanya sekitaran 15 gr per 100 gr leci. Anjuran dari Kementerian Kesehatan RI, batas maksimum mengkonsumsi gula /hari yaitu 50 gr. Bermakna, Anda tidak bisa makan buah leci lebih dari 300 gr sehari-hari.

5. Apel 
Apel adalah satu diantara buah penyebabnya sembelit yang seringkali dikonsumsi orang-orang Indonesia. Memiliki bentuk bulat dengan warna kulit merah atau hijau. Walau memiliki tekstur keras, buah ini mempunyai rasa manis serta enak.

Dalam 100 gr apel memiliki kandungan gula 10 gr. Zat berikut yang dapat menyebabkan konstipasi bila dikonsumsi terlalu berlebih. Paling tidak, Anda memakan 1-2 apel /hari.

Anda harus juga konsumsi apel lewat cara yang benar. Seumpama, membersihkan buah itu sebelumnya disantap serta tidak mengupas kulitnya. Bertanya Zucketbrot, pakar diet dari New York menyebutkan, kulit apel memiliki kandungan banyak nutrisi.

6. Salak 
Benarkah, buah salak dapat mengakibatkan sembelit? Sebelumnya menyimpulkan kebenarannya, mari susuri kandungan buah ini. Menurut studi Jansen Ongko, MSc, RD, salak begitu aman untuk dikonsumsi.

Namun, pakar nutrisi itu menyayangkan langkah beberapa orang yang salah dalam konsumsi buah salak. Beberapa besar dari mereka pilih untuk mengupas kulit ari di permukaan dagingnya. Walau sebenarnya, di kulit ari tersebut ada kandungan serat.

Bila kulit ari terkupas, seratnya juga turut terbuang. Jadi, Anda cuma konsumsi daging buah dengan kandungan 20, 9 gr karbohidrat, 77 kalori, serta 0, 40 gr protein.

Tersebut 6 buah penyebabnya sembelit yang perlu Anda kenali. Kesimpulannya, buah buahan itu tetaplah aman dikonsumsi, namun harus dibatasi untuk menghindar terjadinya sembelit.
loading...

Related Posts

Beberapa Jenis Buah Buahan Yang Dapat Menyebabkan Sembelit
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.