Rabu, 30 Mei 2018

Berikut Ini Tanda Dan Gejala Asam Urat

Berikut Ini Tanda Dan Gejala Asam Urat - Sempatkah Anda rasakan nyeri di sendi kaki atau tangan? Mungkin saja, itu satu diantara sinyal hiperurisemia ; kelebihan senyawa asam urat. Jadi, sesungguhnya, tiap-tiap orang mempunyai asam urat yang datang dari zat purina.

Berikut Ini Tanda Dan Gejala Asam Urat

Purina adalah sisi dari DNA yang bertindak dalam sistem metabolisme. Senyawa ini juga akan dirubah jadi asam urat. Lalu, asam urat mengalir lewat aliran darah menuju ginjal.

Dari ginjal, asam urat dibuang lewat urine. Dalam keadaan normal, tak ada asam urat yang mengendap di ginjal. Namun, banyak hal dapat menyebabkan penimbunan senyawa itu hingga mengakibatkan hiperurisemia.

7 Tanda Asam Urat 

Menurut riset Gout & Uric Acid Education Society, hiperurisemia dapat menyebabkan sendi mengkristal hingga merasa nyeri. Nah, agar Anda terlepas dari hal itu, di bawah ini tanda asam urat yang perlu diwaspadai.

1. Rasa Sakit di Jempol Kaki 
Karena pengkristalan zat purina, jempol kaki adalah sisi pertama yang merasa nyeri. Dalam arti kedokteran dimaksud pirai ; penyakit pada sendi tulang. Umumnya rasa sakit itu berlangsung berkali-kali sepanjang sebagian jam.

Menurut studi Mayo Clinic, nyeri pada persendian dapat berlangsung kapan juga. Sakit yang paling merasa berlangsung dalam 12 jam pertama. Beberapa orang bisa menangani rasa itu secara cepat ; sebagian malah makin kronis.

Terkecuali mengganggu kesibukan, nyeri sendi yang tidak kunjung pulih dapat juga menyebabkan fatal. Pada saat sisi itu merasa sakit, sinyalnya diantar ke otak. Bila organ ini tidak dapat mengatur rasa nyeri, tandanya juga akan makin meluas.

2. Pembengkakan di Ruang Jempol Kaki 
Jempol kaki yang alami nyeri berkali-kali, makin lama jadi bengkak. Pembengkakan itu berlangsung di bagian samping ibu jari sampai ke telapak kaki. Bahkan juga, dapat menyerang sisi tumit.

Pembengkakan berlangsung karena tumpukan asam urat di jempol kaki. Tandanya diikuti dengan warna kemerahan pada kulit, tampak menonjol, dan meradang. Bila tidak selekasnya dikerjakan, tanda-tanda ini juga akan meluas hingga ke sisi betis.

Agar bengkak menyusut, Anda dapat mengompres dengan air dingin. Zat ini juga akan menghindar peradangan pada jempol kaki. Namun, untuk pembengkakan kritis, pakai air hangat. Maksudnya supaya peredaran darah lancar hingga meredakan nyeri.

3. Sendi Kaki Merasa Kaku 
Sempatkah Anda terasa susah menggerakkan kaki? Hati-hati, karna tanda ini mengisyaratkan serangan hiperurisemia. Rasa-rasanya seperti ada yang mencengkeram sendi hingga jadi kaku.

Tanda itu juga disertai rasa pegal serta linu. Sepanjang tidur, pasien juga akan terasa tidak nyaman, gelisah, dan senantiasa menginginkan menggerakkan kaki. Satu diantara langkah menangani tanda-tanda ini, yakni perbanyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi serta asam folat.

4. Kulit Mengelupas 
Tanda asam urat dapat menebar secara cepat ke semua badan, termasuk juga kulit. Anda bukan sekedar rasakan nyeri, namun juga gatal. Umumnya, tanda-tanda ini menyerang permukaan kulit diatas persendian.

Awalannya, kulit terlihat bersisik. Sesudah sekian hari, sisi itu terkelupas. Tanda ini dapat menyusut seiring berjalannya waktu. Namun, juga akan menebar ke sisi badan beda bila tidak dikerjakan dengan baik.

5. Kaki Seringkali Kesemutan 
Kesemutan diikuti dengan mati rasa dibagian kaki. Umumnya, berlangsung bila sangat lama duduk bersila atau ke-2 kaki menekuk. Pada umumnya, serangan ini berlangsung karna peredaran darah tidak lancar.

Namun, dalam masalah hiperurisemia, kesemutan dikarenakan oleh asam urat. Tandanya bukan sekedar menyerang kaki, namun juga sendi di sekitaran tangan. Bila hal semacam ini dilewatkan, kesemutan dapat berjalan sepanjang sekian hari. Mengakibatkan, Anda tidak bisa memakai tangan atau kaki untuk melakukan aktivitas.

6. Muncul Rasa Panas pada Sendi Kaki 
Kesemutan yg tidak dikerjakan juga akan menyebabkan rasa panas dibagian kaki. Tanda ini juga dibarengi nyeri. Untuk meredakannya, coba berendam di air hangat diisi garam.

Kadang-kadang, Anda dapat mengompresnya dengan air hangat. Langkah tersebut begitu ampuh untuk menangani trauma otot, kesemutan, dan memperlancar oksigen.

7. Serangan Interval Gawat serta Pirai Tingkat Lanjut 
Tanda interval gawat bisa Anda alami bila asam urat tidak dikerjakan dengan baik. Tanda-tandanya berjalan sepanjang 6-24 bln.. Juga dapat menyerang lebih dari 2 x dalam kurun saat 5-10 th..

Lalu, berlangsung serangan pirai tingkat lanjut ; diikuti dengan keadaan peradangan yang makin kronis. Luka itu juga akan keluarkan nanah. Setelah itu, keluar tanda klinis berbentuk demam, nyeri hebat, dan penurunan peranan ginjal.

Tersebut penjelasan tentang tanda asam urat yang harus Anda kenali. Serangan asam urat tidak mengetahui umur. Karenanya, tetaplah siaga!
loading...

Related Posts

Berikut Ini Tanda Dan Gejala Asam Urat
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.