Rabu, 30 Mei 2018

Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Penyakit Asam Urat

Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Penyakit Asam Urat - Apakah tanda asam urat Anda tidak kunjung pulih? Mungkin saja, terdapat banyak pantangan asam urat yg tidak dipatuhi sepanjang masa pengobatan. Mengakibatkan, rasa nyeri makin kronis, muncul bengkak, dan radang di jempol kaki.

Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Penyakit Asam Urat

Lantas, apa sajakah pantangan asam urat itu? Satu diantara penyebab asam urat paling cepat yaitu makanan. Menurut studi Arthritis Foundation, pasien hiperurisemia mesti hindari sebagian type makanan agar kandungan asam urat alami penurunan.

Ditulis dari website labtestsonline. org, satu riset mengungkap kalau penyakit asam urat dapat sembuh lewat cara merubah pola hidup. Pasalnya, penyembuhan cuma bisa kurangi rasa sakit maupun pembengkakan kritis.

Makanan apa sajakah yg tidak bisa dikonsumsi pasien asam urat? Yuk, cari info disini!

Pantangan Asam Urat 

1. Untuk Sesaat Saat, Jauhi Kopi 
Kopi merasa nikmat bila diminum dalam kondisi hangat. Namun, dibalik kelezatan kopi, ada zat cafein yang perlu Anda cermati. Cafein bukan sekedar menyebabkan efek positif, namun juga negatif. Terlebih untuk pasien asam urat ; dapat jadi parah tanda nyeri sendi.

Secangkir kopi memiliki kandungan 85 mg cafein dengan kandungan sesuai sama type kopi. Karna kandungan kafeinanya termasuk tinggi, dapat mengakibatkan penebalan asam urat. Sistem itu berlangsung lebih cepat hingga zat purina mengendap di ginjal. Efeknya, peranan ginjal jadi terganggu hingga menyebabkan penyakit chronic kidney disease (CKD).

2. Stop Konsumsi Alkohol 
Alkohol adalah minuman yang memiliki kandungan purina. Karna kandungannya begitu tinggi, dapat mengakibatkan penimbunan asam urat. Juga menyebabkan produksi asam urat di lever hingga menyebabkan penyakit komplikasi.

Berdasar pada penelitian dalam Jurnal The Lancet pada th. 2004, sebagian pria yang minum bir (memiliki kandungan alkohol) lebih rawan terserang asam urat. Riset itu dikerjakan sepanjang 12 th. dengan objek 47. 000 lelaki. Studi ini menunjukkan kalau alkohol begitu beresiko untuk kesehatan.

3. Jauhi Sayuran yang Memiliki kandungan Purina 
Purina yaitu senyawa yang dapat dipecah jadi asam urat. Anda dapat menemukannya di beberapa type makanan, termasuk juga sayur. Waktu zat ini dikonsumsi terlalu berlebih, produksi asam urat automatis bertambah.

Satu diantara type sayur yang perlu dijauhi yaitu bayam. Berdasar pada tabel makanan AcuMedico, tiap-tiap 100 gr bayam memiliki kandungan 57 gr purina. Walau jumlahnya lebih sedikit dari pada daging merah, dapat menambah kandungan asam urat dengan bertahap.

4. Janganlah Makan Jeroan 
Anda sukai makan hati, usus, atau ampela sapi? Saat tanda asam urat menyerang, baiknya hindari makanan itu. Menurut dr. Mahdian, SpBS., spesialis bedah saraf, kandungan purina organ-dalam sapi termasuk tinggi.

Larangan sama juga di keluarkan oleh Mayo Clinic, Ronchester, Amerika Serikat. Lewat website mayoclinic. org, mereka mengungkap kalau daging, ginjal, dan roti manis memiliki kandungan purina yang tinggi.

5. Sebagian Type Seafood Baiknya Dihindari 
Makanan laut (seafood) jadi makanan favorite kebanyakan orang karna rasa-rasanya begitu lezat. Satu diantara negara yang suka konsumsi makanan ini yaitu Jepang. Rata-rata orang Jepang memakan bermacam boga bahari, seperti ikan mentah, molusca, crustacea, echinodermata, ubur-ubur, serta rumput laut.

Namun, makanan laut adalah pantangan untuk pasien hiperurisemia. Sebagian type seafood yg tidak bisa dikonsumsi, diantaranya udang, cumi-cumi, serta kepiting. Menurut studi American College of Rheumatology, 730 masalah serangan tanda asam urat dikarenakan oleh kesukaan makan seafood. Mereka sering konsumsi dalam jumlah banyak.

6. Kurangi Mengkonsumsi Daging Merah 
Daging merah sering dihubungkan dengan keadaan kesehatan seorang. Hasil penelitian National Institutes of Health-AARP menunjukkan, orang yang suka makan daging merah wafat 10 th. lebih cepat. Christian Rosenbloom, PhD, RD., dari Georgia State University menyebutkan kalau tiap-tiap orang mesti mengontrol mengkonsumsi daging merah.

Terkecuali memiliki kandungan cholesterol tinggi, didalam daging merah juga ada zat purina. Karenanya, pasien hiperurisemia mesti kurangi intensitas konsumsinya. Daging merah yang disebut datang dari kambing, sapi, domba, kelinci, dan kuda.

7. Batasi Mengkonsumsi Telur 
Anda sukai konsumsi telur? Makanan ini memiliki kandungan protein hewani yang cukup tinggi. Diluar itu juga mempunyai kandungan purina sekitaran 130 gr, 7 gr per 100 gr telur. Lantas, apakah pasien hiperurisemia tidak bisa konsumsi telur?

Ditulis dari website detik. com, dr. Parlindungan Siregar, SpPD-KGH., dari Departemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM mengungkap mengenai mengkonsumsi protein tinggi. Menurut dia, bila dilewatkan, dapat menyebabkan asam urat yang selesai pada tidak berhasil ginjal. Jadi, konsumsi telur untuk pasien hiperurisemia tidak dilarang, tetapi mesti dibatasi.

Sesudah ketahui sebagian pantangan asam urat di atas, saat ini waktunya Anda merubah pola hidup. Untuk percepat pengobatan, kerjakan berolahraga dengan teratur ya.
loading...

Related Posts

Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Penyakit Asam Urat
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.