Kamis, 31 Mei 2018

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yang Benar Dan Penyebab Wanita Susah Hamil

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yang Benar Dan Penyebab Wanita Susah Hamil - Kehamilan adalah peristiwa yang paling ditunggu-tunggu oleh beberapa besar wanita yang telah menikah. Jika Anda tengah berencana program hamil, satu diantara hal yang butuh Anda cermati yaitu memprediksi serta mengkalkulasi kapan masa subur serta masa tidak subur Anda berlangsung.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yang Benar Dan Penyebab Wanita Susah Hamil

Masa subur yaitu satu masa didalam siklus haid wanita saat sel telur dalam keadaan masak serta siap dibuahi oleh sel sperma. Jika jalinan seksual dikerjakan pada saat subur, peluang berlangsung kehamilan semakin lebih besar.

Kapan Masa Subur Wanita Berlangsung? 

Pada intinya, masa subur wanita berlangsung di masa ovulasi, yaitu sekitaran 12-14 hari sebelumnya berlangsung haid. Namun, hal semacam ini juga tergantung pada siklus haid atau siklus menstruasi semasing individu.

Bila siklus menstruasi Anda pendek, umpamanya cuma 22 hari, ovulasi bisa berlangsung cuma sekian hari sesudah menstruasi selesai. Sesaat, bila siklus menstruasi Anda berjalan sepanjang 28 hari, rata-rata masa subur berlangsung pada hari ke-10 hingga ke-17 sesudah menstruasi selesai.

Di bagian beda, terkecuali masa ovulasi, kehamilan sangat ditetapkan oleh sistem sperma mencapai sel telur. Supaya bisa hamil, sel telur yang telah masak mesti dibuahi kurun waktu 12 hingga 24 jam sesudah berlangsung ovulasi.

Langkah Mengkalkulasi Masa Subur Wanita 

Mengkalkulasi masa subur sesungguhnya cukup gampang. Tersebut disini beberapa langkah yang butuh Anda kerjakan untuk mengkalkulasi masa subur. 

1. Kenali Panjang Siklus Haid Anda 
Untuk mengkalkulasi masa subur, pertama Anda mesti ketahui siklus haid Anda serta mengkalkulasi berapakah lama siklus itu berjalan. Berhubung panjang siklus haid dapat alami sedikit perubahan dari bln. ke bln., baiknya kerjakan penilaian siklus haid sepanjang paling tidak delapan bln. untuk ketahui rata-ratanya.

2. Kalkulasi Perkiraan Masa Subur 
Sesudah ketahui siklus haid, setelah itu Anda bisa mengkalkulasi masa subur dengan mencari siklus terpendek serta siklus terpanjang dari haid Anda tiap-tiap bulannya. Perkiraan masa subur bisa dihitung dengan perhitungan tersebut :

  • Kurangi 18 hari dari siklus haid terpendek Anda. Umpamanya, siklus haid terpendek Anda yaitu 27 hari, jadi hari pertama masa subur Anda yaitu hari ke-9 sesudah hari pertama haid. 
  • Kurangi 11 hari dari siklus haid terpanjang Anda. Umpamanya, siklus haid terpanjang Anda yaitu 29 hari, jadi hari paling akhir masa subur Anda yaitu hari ke-18 sesudah hari pertama haid. 

Dari perhitungan diatas, bila siklus haid Anda berjalan sepanjang 27-29 hari, jadi keadaan subur Anda berlangsung pada hari ke-9 hingga 18 sesudah haid.

Penyebabnya Wanita Tidak Subur serta Sulit Hamil 

Pada keadaan spesifik, ada peluang seseorang wanita tetaplah susah hamil walau telah mempertimbangkan periode ovulasi serta terkait seksual dengan teratur pada masa-masa subur. Keadaan ini dapat jadi tanda-tanda kalau seseorang wanita tidak subur.

Nah, apa sesungguhnya sebagai penyebabnya seseorang wanita tidak subur hingga susah hamil? Tersebut disini sebagian penyebabnya ketidaksuburan pada wanita yang butuh Anda kenali.

1. Usia 
Umur terkait erat dengan ketidaksuburan wanita. Kesuburan wanita biasanya juga akan alami penurunan dengan penting pada umur 30 ke atas. Terkecuali lebih susah untuk hamil, peluang keguguran juga lebih tinggi pada wanita yang telah berusia.

2. Rutinitas Merokok 
Rutinitas merokok bisa mengakibatkan banyak masalah kehamilan, seperti masalah pada leher rahim, tabung saluran indung telur, sampai tingkatkan resiko keguguran. Rokok dapat juga mengakibatkan indung telur alami penuaan lebih cepat serta menggunakan sel telur sebelumnya saatnya, hingga turunkan peluang hamil.

3. Berat Tubuh 
Tubuh yang sangat gemuk atau sangat kurus dapat juga kurangi tingkat kesuburan wanita. Pasalnya, berat tubuh merubah tingkat hormon didalam badan, termasuk juga hormon yang bertindak dalam sistem ovulasi.

Untuk memperoleh berat tubuh normal, lakukan pola hidup sehat dengan konsumsi beberapa makanan yang bergizi serta lakukan berolahraga dengan teratur. Diluar itu, Anda dapat juga menemani gaya hidup sehat dengan konsumsi teh herbal yang bisa menolong turunkan berat tubuh dengan alami.

4. Masalah Ovulasi 
Menurut riset yang dikerjakan oleh US Department of Health and Human Services, penyebabnya paling utama ketidaksuburan pada wanita yaitu ada problem atau masalah ovulasi. Sinyal tanda seseorang wanita alami masalah ovulasi diantaranya menstruasi yg tidak normal serta tidak komplitnya periode menstruasi.

Nah, tersebut sedikit pemaparan tentang masa subur serta sebagian aspek yang bisa menghalangi kesuburan wanita. Mudah-mudahan berguna!
loading...

Related Posts

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yang Benar Dan Penyebab Wanita Susah Hamil
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.