Selasa, 29 Mei 2018

Makan Mie Instan Saat Ibu Hamil Apakah Berbahaya Atau Tidak?

Makan Mie Instan Saat Ibu Hamil Apakah Berbahaya Atau Tidak? - Seberapa seringkali Anda konsumsi mie instan? Hati-hati, makanan memiliki bahan basic tepung ini dapat menyebabkan problem kesehatan bila tidak dibuat dengan benar. Walau rasa-rasanya enak serta lezat, di dalamnya terdapat zat beresiko.

Makan Mie Instan Saat Ibu Hamil Apakah Berbahaya Atau Tidak?

Untuk kurangi dampak negatif mie instan, Anda mesti ikuti anjuran penyajian yang tercantum di tiap-tiap bungkusnya. Pakar medis juga sering merekomendasikan supaya konsumsi mie dengan makanan beda.

Namun, apakah cara tersebut betul-betul aman untuk semuanya kelompok? Bolehkah ibu hamil makan mie instan? Dapatkan jawabannya di artikel ini.

Kenyataan di Balik Kelezatan Mie Instan 

Mie instan bukan sekedar disenangi orang Indonesia, namun juga nyaris semua masyarakat dunia. Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information, lelaki semakin banyak konsumsi mie daripada wanita.

Lantas, apakah mie instan disenangi cuma karna kelezatan rasa-rasanya? Sebagian orang yang konsumsi makanan itu mengaku, mie memiliki kandungan karbohidrat. Jadi, mereka sering memakannya jadi pengganti nasi. Walau sebenarnya, kandungan gizi didalam mie belum juga dapat menyamakan nutrisi makanan penuh.

Diluar itu, satu bungkus mie instan memiliki kandungan natrium pada 600-1. 500 mg. Kandungan itu sesuai dengan batas normal mengkonsumsi natrium /hari, yakni 1. 500 mg. Namun kenyataannya, beberapa orang yang konsumsi mie sampai 2-3 bungkus dalam satu hari.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? 

Ditulis dari website Mom Junction ; mie instan memiliki kandungan pati, minyak sawit, serta garam. Makanan ini dihidangkan dengan bumbu penyedap yang memiliki bahan Monosodium Glutamate (MSG) —pengawet buatan—dan garam. Sistem menghidangkannya begitu singkat, praktis, dan gampang.

Karenanya, Dr. Malik Haruna King—Nigerian Medical Doctor—mengelompokkan mie jadi junk food atau makanan cepat saji. Lewat website Ask Dr. Malik, ia mengemukakan bahaya terus-terusan konsumsi mie. Menurut dia, mie memiliki kandungan sodium tinggi, namun rendah serat, vitamin, serta mineral.

Jadi, dengan kandungan nutrisi yg tidak seimbang serta banyak pengawet, bolehkah ibu hamil makan mie instan? Baiknya dijauhi, mengingat ada kandungan MSG didalam makanan itu.

MSG dapat memberi efek negatif untuk ibu ataupun janin. Walau dikonsumsi dalam batasan normal, tetaplah saja beresiko. Problem yang muncul dapat berbagai macam ; mulai dari masalah jantung sampai perubahan otak terhalang.

5 Efek Negatif Konsumsi Mie Instan untuk Ibu Hamil 

Ditulis dari website Being the Parent, di bawah ini problem kesehatan yang dapat menyerang ibu hamil bila konsumsi mie instan.

1. Masalah Perkembangan serta Kesehatan Janin 
Mie instan memiliki kandungan MSG yang dapat terserap kedalam plasenta. Tersebut penyebabnya, perkembangan janin bisa terganggu. Type masalah itu diantaranya, otak tidak bisa berkembang, kecerdasan alami penurunan, sampai cacat fisik. Berdasar pada penelitian Mayo Clinic, MSG juga dapat melemahkan system kebal badan serta menyebabkan penyakit kardiovaskular.

2. Desakan Darah Tinggi 
Bumbu mie instan memiliki kandungan MSG serta garam yang dikumpulkan dalam satu bungkus. Walau sebenarnya, ke-2 senyawa ini adalah sumber natrium teratas. Sesaat natrium dapat mengakibatkan penyakit desakan darah tinggi.

Dalam garam, kandungan natriumnya menjangkau 40 %, sedang MSG cuma 14 %. Bila ke-2 zat itu dipadukan, dapat membahayakan ibu hamil.

3. Terserang Penyakit Lambung 
Sempatkah Anda terasa mual serta pusing sesudah konsumsi mie instan? Tersebut satu diantara sinyal awal penyakit lambung. Tanda-tanda itu bermula dari zat kimia yang menginfeksi dinding lambung.

Mengakibatkan, kandungan asam lambung jadi naik. Karenanya, keluar rasa mual, panas, nyeri, serta melilit. Terkadang dibarengi tanda sembelit.

4. Kegemukan pada Ibu Hamil 
Kandungan kalori dalam mie instan lebih tinggi daripada nasi. Bila nasi putih cuma sekitaran 91 kalori, mie dapat menjangkau 370 kalori. Karenanya, konsumsi makanan itu jadikan badan cepat gemuk bila tidak disertai kesibukan fisik.

5. Masalah Pencernaan 
Waktu mie instan masuk kedalam lambung, tidak lalu diolah oleh system pencernaan. Mengakibatkan, saluran cerna bekerja begitu lama untuk mengolah makanan ini.

Karena lamanya sistem itu, konsumsi nutrisi mie instan belum juga dapat diserap oleh badan. Karenanya, berlangsung masalah pencernaan, seperti sulit buang air besar, sakit perut, atau diare. Juga ditambah kandungan serat dalam mie begitu rendah. Dengan hal tersebut, masalah saluran cerna jadi semakin kompleks.

Sesudah membaca penjelasan diatas, Anda tidak butuh sekali lagi melemparkan pertanyaan ; bolehkah ibu hamil makan mie instan? Pasalnya, pakar medis juga tentu tidak merekomendasikan untuk konsumsi mie instan sepanjang kehamilan.
loading...

Related Posts

Makan Mie Instan Saat Ibu Hamil Apakah Berbahaya Atau Tidak?
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.