Rabu, 30 Mei 2018

Askep Ampuh Cara Gampang Menghitung Usia Kehamilan Agar Persalinan Lancar

Askep Ampuh Cara Gampang Menghitung Usia Kehamilan Agar Persalinan Lancar - Untuk seseorang wanita, sistem kehamilan yaitu pengalaman yang mengagumkan serta tidak ada duanya, terlebih bila momen itu adalah peristiwa pertama yang ditunggu-tunggu. Nah, agar sistem ini jalan dengan lancar, terdapat beberapa hal yang perlu dipelajari oleh seseorang calon ibu.

Askep Ampuh Cara Gampang Menghitung Usia Kehamilan Agar Persalinan Lancar

Jadi permulaan, ibu butuh ketahui umur kehamilan atau umur janin. Ini terlebih terkait dengan perawatan dan perlakuan janin setelah itu, bahkan juga begitu bermanfaat untuk memastikan HPL (Hari Perkiraan Lahir). Walau kelahiran dapat berlangsung 2 sampai 3 minggu di sekitaran tanggal HPL, dengan pengetahuan ini, ibu dapat lebih siap dengan fisik ataupun mental.

3 Langkah Mengkalkulasi Umur Kehamilan 

Apa sajakah langkah mengkalkulasi umur kehamilan yang disarankan? Paling tidak, ada tiga cara yang umum dikerjakan, yakni penghitungan berdasar pada HPHT (Hari Pertama Haid Paling akhir), penghitungan berdasar pada hasil USG (Ultrasonography), serta penghitungan berdasar pada tinggi fundus atau sisi atas rahim.

1. Berdasar pada HPHT 
Mengkalkulasi umur kehamilan berdasar pada HPHT yaitu langkah manual yang dapat dikerjakan sendiri oleh ibu hamil. HPHT yaitu hari pertama pada siklus menstruasi yang berlangsung paling akhir kali sebelumnya penghitungan dikerjakan. Menurut American Pregnancy Association, langkah tersebut dikerjakan karna saat terjadinya conception atau pembuahan nyaris tidak dapat di pastikan. 

Pada wanita yang mempunyai siklus menstruasi teratur, pembuahan umumnya berlangsung sekitaran 11-21 hari sesudah hari pertama haid paling akhir. Disamping itu, bila siklus menstruasi tidak teratur, semakin lebih susah untuk memastikan saat terjadinya ovulasi serta pembuahan.

Problem yang seringkali berlangsung yaitu ibu lupa mencatat tanggal HPHT. Mengakibatkan, ibu cuma bisa memprediksi saat itu.

2. Mengkalkulasi Umur Kehamilan Berdasar pada Hasil USG 
Langkah mengkalkulasi umur kehamilan yang lain yaitu dengan memercayakan hasil USG. Cara ini dapat mulai dikerjakan mulai sejak 5–6 minggu sesudah terjadinya menstruasi paling akhir. Namun, baiknya penghitungan dapat dikerjakan pada 8-18 minggu kehamilan. Saat umur janin jadi bertambah, hasil penghitungan mungkin saja makin tidak akurat.

USG yaitu satu diantara langkah untuk mencermati keadaan bayi dalam kandungan dengan memakai tehnologi ultrasonography. Lewat USG, beberapa hal yang dapat di ketahui. Sebagian salah satunya yaitu kantong kehamilan, detak jantung, letak kehamilan, kondisi kehamilan, serta ukuran badan janin.

Nah, ukuran badan janin berikut yang bisa dipakai untuk ketahui umur kehamilan. Satu diantara langkahnya, mengukur embrio dari kepala hingga pantat atau dimaksud juga Crown Rump Length (CRL). Langkah mengkalkulasi umur kehamilan yang akurat lewat cara ini mesti dikerjakan pada 7–13 minggu umur kehamilan.

Langkah yang lain yaitu dengan mengukur lingkar kepala atau Biparietal Diameter (BPD). Cara ini dapat dikerjakan sesudah umur kehamilan menjangkau 12 minggu. Biasanya, lingkar kepala janin pada umur 13 minggu sekitaran 2, 4 cm. Umur kehamilan dapat juga diprediksikan dengan ketahui Femur Length (FL) atau panjang paha. Biasanya, ukuran panjang paha janin pada umur 14 minggu yaitu 1, 5 cm.

3. Langkah Mengkalkulasi Umur Kehamilan Berdasar pada Tinggi Fundus 
Terkecuali ke-2 cara itu, umur kehamilan dapat juga ditetapkan dengan ketahui tinggi fundus. Perubahan janin dalam kandungan umumnya buat rahim jadi bertambah besar. Fundus atau sisi atas uterus juga akan bergerak lebih tinggi sekitaran 4 cm atau selebar 2 jari tiap-tiap bln..

Berdasar pada data dari www. open. edu, saat janin berumur 13–14 minggu, sisi atas uterus umumnya ada diatas tulang pubic ibu. Pada janin berumur 20–22 minggu, sisi atas uterus ada di pusar ibu. Saat janin berumur 36–40 minggu, sisi atas uterus nyaris ada dibawah rusuk ibu.

Pada minggu-minggu sebelumnya kelahiran, tempat bayi dapat ada lebih rendah. Langkah mengkalkulasi umur kehamilan dengan cara ini dapat memakai jari atau alat ukur spesial.

Tiga cara ini baiknya dipadukan untuk ketahui umur kehamilan yang lebih akurat. Dengan ketahui hal semacam ini, perubahan janin dapat dilihat serta sistem persalinan juga bisa jalan lebih lancar.
loading...

Related Posts

Askep Ampuh Cara Gampang Menghitung Usia Kehamilan Agar Persalinan Lancar
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.