Kamis, 07 Juni 2018

Pengertian Tentang Tepung Sagu Dan Khasiat Untuk Kesehatan

Pengertian Tentang Tepung Sagu Dan Khasiat Untuk Kesehatan - Tahukah anda apakah itu tepung sagu? Beberapa dari anda mungkin saja berasumsi kalau tepung sagu adalah tepung tapioca. Namun presepri itu malah salah besar karna tepung sagu begitu jauh berlainan dengan tepung tapioca. Tepung sagu yaitu tepung yang terbuat dari pohon sagu namun tepung tapioca terbuat dari singkong. Berbahan dasarnya saja telah berlainan. Bermakna baik tepungnya, manfaat sampai pemakaiannya juga pastinya berlainan. Topic kesempatan ini juga akan mengulas tentang tepung sagu yaitu.

Pengertian Tentang Tepung Sagu Dan Khasiat Untuk Kesehatan

Pengertian Tepung Sagu 
Tepung sagu yaitu satu diantara type tepung yang datang dari tanaman sagu. Namun tidak sering orang yang mengetahui pohon sagu, mungkin saja beberapa besar orang yang datang dari Indonesia sisi timur mengetahui pohon sagu. Hal semacam ini karna pohon sagu semakin banyak tumbuh di sana. Bila anda mengatakan pohon rumbia atau pohon aren mungkin saja orang orang semakin lebih familiar. Tumbuhan sagu mempunyai nama latik metroxylon sagu rittb. Terkecuali jadikan tepung, orang-orang Indonesia timur juga jadikan sagu jadi makan pokok berbentuk papeda. Kenapa sekian? Jawabannya cuku sederhana karna tepung sagu yaitu satu diantara sumber karbohidrat.

Kandungan Tepung Sagu 
Tepung sagu yaitu satu diantara type bahan makanan yang kaya karbohidrat atau pati. Namun kekurangan dari tepung sagu yaitu kandungan gizi yang lain yang masih tetap amat sedikit. Kandungan yang ada dalam tepung sagu yaitu protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, lemak, tiamin, asam karbonat serta karoten. Namun yang menguasai yaitu karbohidrat. Di Indonesia begitu banyak product tepung sagu yang gampang diperoleh. Sebagian merk tepung sagu yaitu merbabu, alini, pondok daun, api kekal, kunci kembar, sentani meer, healthy coice, merapi, javada serta kebonQta. Anda dapat pilih sesuai sama keperluan anda, namun janganlah lupa untuk lihat komposisi apakah masih tetap murni atau telah tercampur dengan bahan yang lain.

Faedah Tepung Sagu 
Walau mempunyai kandungan gizi yg tidak telalu kaya namun sagu mempunyai sejuta faedah yang begitu baik untuk kesehatan manusia. Salah satunya yaitu sagu begitu baik untuk gula darah yang mana bisa mengikat gula darah pada badan. Diluar itu, faedah tepung sagu yaitu menghalangi perkembangan kanker pada organ dalam seperti paru paru maupun usus karna zat prebiotik yang dipunyainya. Ada sebagai alternative ketiak seorang menderita diabetes yakni menukar tepung sagu dengan nasi jadi sumber karbohidrat. Tepung sagu mempunyai kandungan mineral fosfor yang bisa memulihkan badan anda dari nyeri atau pegal pegal karena kelelahan.

Pohon Sagu 
Pohon sagu sendiri adalah pohon yang cukup tinggi karna bisa tumbuh sampai 30 mtr.. Diluar itu juga dalam satu pohon sagu bisa hasilkan 150 sampai 300 kg pati. Dengan hasil yang begitu banyak ini tidaklah heran jika orang-orang Indonesia timur untuk jadi bahan makanan pokok. Tumbuhan yang besar serta tinggi ini memerlukan 4 orang dalam jangkan wkatu 6 hari untuk mengelolannya.

Langkah memanen tepung sagu juga tidak dapat asal-asalan karna mempunyai bagian spesifik. Pertama tama pohon dirobohkan serta dibikin bersih sampai yang tersisa yaitu batangnya. Ke-2 yakni membelah jadi dua sisi pas di bagian tengah pohon sagu. Teras batang dari sagu dicacah lantas di ambil, kemudian dihaluskan serta disaring. Saringannya umumnya memakai kain berwarna putih. Ke-3 yaitu hasil saringan dicuci serta di ambil patinya. Pati ini yang nanti juga akan jadikan tepung sagu. Dari tepung sagu bisa jadikan olahan makanan seperti sagu kering, kue seperti ongol ongol sagu, papeda dsb.
loading...

Related Posts

Pengertian Tentang Tepung Sagu Dan Khasiat Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.