Rabu, 27 Juni 2018

Tips Paling Jitu Melindungi Kesehatan Anak Balita Anda dari Masalah Pencernaan

Tips Paling Jitu Melindungi Kesehatan Anak Balita Anda dari Masalah Pencernaan - Perasaan seseorang ibu kerapkali bercampur aduk saat lihat Si Kecil yang baru lahir. Rasa sukur serta bahagia dapat bercampur rasa kuatir, lebih utama untuk ibu yang baru melahirkan anak pertama. 

Semuanya segi perihal mengatur anak yaitu hal yang baru untuk ibu muda. Hingga lumrah bila ibu cemas, termasuk juga perihal kesehatan pencernaan anak. Tetapi ingat, ibu jangan pernah cemas terlalu berlebih, ya. Lihat sebagian panduan itu untuk melindungi kesehatan pencernaan bayi. 

Tips Paling Jitu Melindungi Kesehatan Anak Balita Anda dari Masalah Pencernaan

Bagian Perubahan Organ Pencernaan Bayi serta Nutrisi yang Tepat 
Pencernaan yang sehat bakal mendukung perkembangan, perubahan, dan imunitas bayi. Hingga, utama untuk ibu untuk mengerti bagian perubahan pencernaan Si Kecil, supaya ibu dapat berikan makanan dengan nutrisi yang pas. 

Umur 0-3 Bulan 

Di umur 0-3 bln., makanan paling baik untuk Si Kecil yaitu ASI atau susu formula. Pada umur itu, enzim pencernaannya belum juga terjadi dengan prima, termasuk juga enzim laktase yang berperan mengurai laktosa supaya dapat diserap badan. Hingga di umur itu, sebagian bayi mempunyai intoleransi laktosa. 

Umur 4-6 Bulan 

Waktu masuk umur 6 bln., Si Kecil telah dapat konsumsi makanan terkecuali ASI. Awalilah dari makanan yang mempunyai struktur lembut, seperti bubur sereal bayi. Waktu memperkenalkan bubur bayi, berikan Si Kecil saat untuk sesuaikan lidahnya. Ibu tidak butuh cepat-cepat mendorong anak untuk mengonsumsi sereal bayi. 

Dimuka, coba dekatkan satu sendok bubur bayi pada mulut Si Kecil serta perhatikan reaksinya. Bila dia menampik, janganlah segera coba sekali lagi, tunggulah sesaat atau sekian hari. Terkecuali bubur bayi, ibu dapat memberi juice buah, seperti pisang, apel, pepaya serta ubi. Tetapi, ibu mesti yakinkan teksturnya benar-benar lembut. 

Umur 6-8 Bulan 

Bila Si Kecil telah dapat makan sereal, setelah itu ibu dapat memperkenalkan bermacam makanan lainnya yang pastinya mesti dilumatkan terlebih dulu. Umur 6-8 bln. yaitu saat yang pas untuk mengenalkan sayur seperti wortel serta bayam, lalu kacang-kacangan seperti kacang merah serta edamame, dan mengenalkan bubur tahu. Ibu bahkan juga telah dapat memperkenalkan daging serta yoghurt dalam jumlah kecil. 

Jagalah Kebersihan Tempat tinggal serta Alat Makan Si Kecil 

Walau terdengar klise, namun melindungi kebersihan tempat tinggal benar-benar sangat utama untuk melindungi kesehatan pencernaan bayi. Ubah baju serta sprei, dan bersihkan kamar Si Kecil dengan cara teratur. Ibu serta keluarga juga mesti rajin membersihkan tangan saat mau lakukan kontak fisik dengan Si Kecil. 

Diluar itu, yakinkan alat makan Si Kecil senantiasa steril. Langkah sterilisasi yang termudah yaitu dengan merendam alat makan di di air yang mendidih. Lalu, senantiasa bersihkan alat makan Si Kecil dengan sabun antibakteri yang aman untuk bayi dibawah air mengalir. Kemudian, janganlah dibiarkan alat makan ada dalam kondisi basah terlalu lama. Selekasnya keringkan serta taruh ditempat yg tidak lembap. Beberapa langkah itu bakal meminimalkan paparan bakteri serta kuman ke badan Si Kecil.
loading...

Related Posts

Tips Paling Jitu Melindungi Kesehatan Anak Balita Anda dari Masalah Pencernaan
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.