Jumat, 29 Juni 2018

Fakta Mengejutkan Pria Ini Merupakan Satu-Satunya Manusia yang Pulih dari HIV

Fakta Mengejutkan Pria Ini Merupakan Satu-Satunya Manusia yang Pulih dari HIV - Satu diantara penyakit paling mengerikan yang menyerang umat manusia yaitu HIV/AIDS. Penyakit yang dapat menyebar itu sampai sekarang ini belumlah ada obatnya, tetapi ada satu orang yang dapat pulih dari penyakit itu, pria itu yaitu Timothy Ray Brown serta memperoleh julukan The Berlin Patient. 

Fakta Mengejutkan Pria Ini Merupakan Satu-Satunya Manusia yang Pulih dari HIV

Ditulis dari IFL Science, sampai sekarang ini, Timothy yaitu hanya satu orang yang dapat pulih dari penyakit itu dalam histori. Ia memperoleh kesembuhannya pada 2007 lalu sesudah didiagnosis terserang penyakit itu pada 1995 kemarin. 

Sepanjang masa penyembuhan yang berjalan kian lebih 11 th., Timothy sudah berulang-kali konsumsi beragam type obat termasuk juga obat anti HIV serta melakukan antiretroviral terapi atau ART. Tidak cuma HIV/AIDS, ia bahkan juga didiagnosis terserang leukemia atau kanker darah yang membuatnya juga mesti melakukan kemoterapi. 

Dokter lalu coba penyembuhan lainnya untuk Timothy, yaitu dengan lakukan transplantasi sumsum tulang belakang. Kanker yang dideritanya juga lalu dapat sembuh, tetapi dokter lalu temukan suatu kenyataan mengagetkan, yaitu virus HIV pada darah Timothy juga ikutan menghilang. 

Dokter mengira kalau donor sumsum tulang belakang yang diperoleh Timothy datang dari orang dengan mutasi genetik langka yang dapat bikin virus HIV masuk sel darah putih. Diluar itu, system imun badan punya Timothy disangka sudah rusak disebabkan paparan radiasi kemoterapi. Hal semacam ini nyatanya turut beresiko pada matinya semua sel badan yang pada awal mulanya terinfeksi HIV. Dokter juga mengira kalau sel yang ditransplantasikan pada badan Brown turut menolong pemusnahan sel yang telah terinfeksi HIV. 

Sampai sekarang ini, Timothy tetap dilibatkan dalam riset yang diperuntukkan untuk mencari obat untuk penyakit itu. Diinginkan, bakal diketemukan obat untuk pasien HIV yang lain di semua dunia.
loading...

Related Posts

Fakta Mengejutkan Pria Ini Merupakan Satu-Satunya Manusia yang Pulih dari HIV
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.