Jumat, 29 Juni 2018

Perlu Dikenal Lebih Dalam Gejala, Tanda-tanda, serta Penyembuhan Penyakit Abses Perianal

Perlu Dikenal Lebih Dalam Gejala, Tanda-tanda, serta Penyembuhan Penyakit Abses Perianal - Abses perianal yaitu satu penyakit yang menyebabkan nyeri pada daerah anus disebabkan infeksi pada kelenjar-kelenjar kecil pada dinding anus. Penyakit itu kerapkali dengan diawali pembengkakan nyeri (bisul) di dekat anus. 

Perlu Dikenal Lebih Dalam Gejala, Tanda-tanda, serta Penyembuhan Penyakit Abses Perianal

Abses yang berlangsung kerap nampak berbentuk lepuh diisi nanah serta pembengkakan di daerah anus. Bila disentuh, pembengkakan itu bisa merasa hangat serta berwarna kemerahan. 

Mengenai hanya satu penyembuhan untuk mengevakuasi nanah keluar dari tempat itu adalah dengan insisi, suatu operasi yang bikin nanah mempunyai jalan keluar. 

Apabila lalu, abses perianal kembali berlangsung, jadi hal semacam ini dapat dikarenakan terjadinya reinfeksi yang dapat dikarenakan oleh higiene yang kurang dalam perawatan luka operasi, ada penyakit penyulit pengobatan luka seperti diabetes, ataupun konsumsi gizi yang kurang. 

Seperti di ketahui tempat abses perianal terdapat di dekat anus yang mengakibatkan bisul di anus rawan untuk terkena kotoran yang bisa mengakibatkan infeksi ulangan. 

Pemicu Abses Perianal 

Pemicu timbulnya abses anus pada seorang bisa berlainan. Tetapi, keadaan itu biasanya bisa dikarenakan oleh beberapa hal tersebut : 

  • Infeksi fistula anal (celah kecil yang terjadi pada kulit di saluran anus). 
  • Ada infeksi menyebar seksual. 
  • Terhalangnya kelenjar anal. 

Aspek resiko abses perianal semakin besar berlangsung bila seorang menanggung derita : 

  • Kolitis (radang usus). 
  • Penyakit usus inflamasi seperti penyakit Crohn’s atau kolitis ulseratif. 
  • Diabetes. 
  • Divertikulitis (peradangan pada saluran pencernaan). 
  • Penyakit radang panggul. 
  • Jadi ‘reseptor’ dari aksi sex anal. 
  • Pemakaian obat seperti prednisone. 

Untuk orang dewasa yang ingin mencegah terjadinya abses perianal, memakai kondom sepanjang lakukan aktivitas seksual (termasuk juga sex anal) yaitu suatu keharusan. Sesaat untuk bayi serta balita, pergantian popok dengan cara teratur serta kerap bersihkan dubur saat ganti popok bisa mencegah fistula anal serta abses perianal. 

Tanda-tanda Abses Perianal 

Tanda-tanda yang nampak dari abses perianal berlainan tergantung tempat timbulnya abses. Bila abses berlangsung di daerah perianal, tanda-tanda yang nampak yaitu : 

  • Nyeri, umumnya diperburuk saat duduk. 
  • Iritasi kulit seputar anus, yang mencakup pembengkakan dibarengi kemerahan. 
  • Abes anus keluarkan nanah. 
  • Sembelit atau nyeri saat berlangsung gerakan usus besar. 

Disamping itu, pada abses yang berlangsung di daerah anus yang lebih dalam, seperti abses supralevator, tanda-tanda yang bisa nampak diantaranya : 

Diagnosis Abses Perianal 

Abses perianal kerapkali tak menyebabkan tanda-tanda systemis, walau demikian hal semacam itu bisa didiagnosis lewat pencarian tanda-tanda serta kontrol keadaan anus. Dokter bakal lakukan kontrol pada keadaan berkenaan, seperti : 
  • Penyakit infeksi menyebar seksual. 
  • Penyakit divertikulum. 
  • Kanker rektum 
  • Penyakit peradangan saluran pencernaan. 

Sementra pada pasien yang dicurigai menanggung derita abses anus dibagian dalam, seperti pada abses superelevator, diagnosis bisa dikerjakan dengan cara pemindaian. Diantaranya yaitu USG, MRI serta CT scan. 

Pada sebagian masalah abses anus yang termasuk kompleks serta menimbulkan beberapa gejala systemik umumnya dikerjakan kontrol dengan endoskopi. Maksudnya yaitu untuk lihat abses serta fistula, dan memastikan letak, penebaran serta ukurannya. 

Penyembuhan Abses Perianal 

Abses perianal bisa diatasi dengan pembedahan memakai anestesi lokal. Sesudah prosedur pembedahan dikerjakan, pasien bakal diberi penawar rasa sakit serta antibiotik. 

Sesudah prosedur pembedahan, pasien diberi resep obat anti-nyeri. Pada seorang sehat, antibiotik umumnya tak dipakai. Antibiotik mungkin saja diperlukan pada beberapa orang spesifik, contohnya orang dengan diabetes atau penurunan imunitas. 

Butuh di ketahui, terkadang operasi fistula bisa dikerjakan kurun waktu yang berbarengan dengan pembedahan abses. Tetapi, fistula kerapkali berlangsung 4-6 minggu sesudah abses di keluarkan berisi. 

Sesudah abses atau fistula anal betul-betul pulih, peluang kekambuhan mungkin berlangsung. Jadi, untuk mencegah hal semacam ini, utama untuk lakukan kontrol teratur dengan dokter. Konsultasi itu mempunyai tujuan untuk memonitor pengobatan luka pembedahan serta mengontrol peluang timbulnya fistula pada pasien
loading...

Related Posts

Perlu Dikenal Lebih Dalam Gejala, Tanda-tanda, serta Penyembuhan Penyakit Abses Perianal
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.