Kamis, 28 Juni 2018

Wajib Tahu Untuk Orang Tua, Beberapa langkah Pertolongan Pertama Menangani Anak Tersedak

Wajib Tahu Untuk Orang Tua, Beberapa langkah Pertolongan Pertama Menangani Anak Tersedak - Tersedak adalah satu keadaan waktu ada makanan atau benda asing yang terlibat di kerongkongan ataupun tenggorokan, hingga mengakibatkan tertutupnya aliran hawa ke dua saluran itu. Tanda-tanda tertekan yang umum berlangsung yaitu batuk-batuk, kesusahan bicara, sampai susah bernafas. Pada masalah tersedak yang akut, kulit seorang bakal beralih jadi kebiruan. 

Wajib Tahu Untuk Orang Tua, Beberapa langkah Pertolongan Pertama Menangani Anak Tersedak

Pada seorang dewasa, tersedak dapat diatasi dengan minum air putih dalam jumlahnya yang cukup banyak sampai batuk mereda, memukul dada atau punggung. Tetapi, bagaimanakah langkah menangani anak tersedak? Pastinya, menepuk punggung cuma bermanfaat jika anak belum juga menelan makanan. Lalu, bagaimanakah bila ukuran makanan atau benda asing yang masuk termasuk besar? 

Jauhi Menggendong atau Mengangkat Anak 

Saat Si Kecil tersedak, ibu jangan pernah menggendong atau mengangkatnya. Kenapa sekian? Menggendong atau mengangkat anak yang tengah tersedak cuma bakal bikin makanan atau benda asing yang masuk ke saluran tenggorokan bakal makin masuk menuju paru-parunya. Sudah pasti, keadaan itu sangat membahayakan, lantaran bakal bikin anak kesusahan bernafas. 

Cobalah Check Mulut Si Kecil 

Tersedak tentu bikin anak sangatlah tak nyaman. Tetapi, ibu janganlah cemas jika Si Kecil merasakannya. Langkah menangani anak tersedak setelah itu yang dapat ibu cobalah yaitu dengan mohon ia untuk buka mulutnya, serta saksikan adakah benda asing yang terlibat pada tenggorokannya. Bila memanglah sekian serta ibu dapat mengambilnya dengan tangan, coba ambillah dengan cara perlahan agar tak melukai tenggorokan anak. 

Jauhi Berikan Minum Waktu Anak Tersedak 

Saat anak batuk-batuk lantaran tersedak, ibu tentu bakal dengan cara reflek memberikannya air minum. Tetapi, nyatanya hal semacam ini baiknya ibu jauhi. Hal semacam ini karena sebab memasukkan makanan lainnya atau minuman saat anak tersedak cuma bikin benda asing yang menyangkut bakal makin terikut ke. Baiknya, berikanlah anak air minum bila ia sudah dapat bernafas secara teratur. 

Kerjakan Dorongan Kecil pada Sisi Dada 

Pertolongan pertama waktu anak tersedak selanjutnya yaitu dengan lakukan dorongan kecil di bagian dadanya. Langkahnya, tempatkan bayi dengan cara kemampuanng dengan menyokong pada lengan sisi bawah dengan tempat kepala ada dibawah. Upayakan tempat kepala anak lebih rendah dari sisi dadanya. Lalu, letakkan dua atau tiga jari tangan pas dibagian tengah dada, serta tekan seputar 1, 5 inci. Sesudahnya, kerjakan dorongan sejumlah lima kali di bagian itu. 

Cobalah Tehnik Heimlich Manuever 

Heimlich maneuver adalah tehnik mengobati tersedak yang sudah banyak dicoba untuk anak diatas setahun. Waktu Si Kecil tersedak, ambillah tempat berdiri atau berlutut di belakang anak, lalu lingkarkan ke-2 tangan pada tubuhnya. Sesudah ini, buat suatu kepalan serta tempatkan sedikit diatas pusar Si Kecil. Tekan kepalan tangan yang tadi dengan tangan ibu yang lainnya, teruskan dengan hentakan ke sisi atas secara cepat. 

Tehnik Maneuver Back Blows 

Pertolongan pertama waktu anak tersedak paling akhir yaitu tehnik maneuver black blows yang dapat dicoba untuk anak umur dibawah setahun. Langkahnya, tengkurapkan bayi serta topang dengan lengan ibu. pegangi leher serta dagunya dengan telapak tangan. Yakinkan tempat kepala bayi lebih rendah dari pada dadanya. Berikanlah desakan di bagian punggung diantara ke-2 bahunya memakai basic telapak tangan sejumlah lima kali secara cepat.
loading...

Related Posts

Wajib Tahu Untuk Orang Tua, Beberapa langkah Pertolongan Pertama Menangani Anak Tersedak
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.