Senin, 25 Juni 2018

Meskipun Menakutkan, Ini Manfaat Menonton Film Horor

Meskipun Menakutkan, Ini Manfaat Menonton Film Horor - Film-film yang mengangkat topik berbau mistis saat ini makin banyak, baik buatan dalam negeri sendiri, ataupun yang datang dari luar negeri seperti Thailand, Korea, Jepang, dan sebagainya. Meskipun mendatangkan figur yang sangatlah seram yang dapat bikin penontonnya ketakutan hingga berhari-hari, namun masih tetap saja film horror mempunyai banyak yang berminat. Anda termasuk juga pencinta film horor? Nyatanya melihat film horor ada faedahnya lho untuk kesehatan. 

Meskipun Menakutkan, Ini Manfaat Menonton Film Horor

Terkecuali dapat menyebabkan adrenalin, pengagum film horor juga umumnya terasa terhibur apabila film yang dilihatnya itu sukses bikin jantungnya berdebar-debar serta napas terengah-engah. Yang jadi pertanyaannya, apakah film horor beresiko baik atau jelek untuk kesehatan? 

Suatu riset mengungkap kalau melihat film horor bisa memberi efek jelek, yakni menyebabkan terjadinya reaksi pembekuan darah pada badan. Diambil dari WebMD, seseorang professor komunikasi dari Purdue University, Glenn Sparks, juga telah pelajari efek film horor pada fisiologi orang yang menontonnya. Akhirnya, melihat film horor bisa bikin denyut jantungmu bertambah sejumlah 15 kali per menit, telapak tangan berkeringat, suhu badan turun sebagian derajat, otot-otot menegang serta desakan darah bertambah. 

Tanggapan itu sesungguhnya nyaris serupa saat anda tengah terasa stres. Waktu anda tengah ketakutan juga, aliran darah ke sisi badan lainnya terkecuali jantung serta otot juga mungkin saja turut alami penurunan. Hal tersebut yang bikin suhu badan alami penurunan serta anda jadi merinding. 

Tetapi, tidak semuanya efek yang didapatkan film horor ini negatif, kok. Beberapa riset tunjukkan efek baik dari film horor. 

1. Menolong Membakar Kalori 

Nyatanya melihat film horor bisa menolong membakar kalori dalam badanmu, lho. Hal semacam ini pastinya jadi berita senang untuk kamu yang tengah mau turunkan berat tubuh. Menurut riset yang dikerjakan oleh University of Westminster, melihat film horor sepanjang 90 menit bisa membakar 113 kalori. Jumlahnya kalori itu sama dengan waktu anda jalan kaki sepanjang 30 menit. Makin seram film horor yang anda lihat, makin banyak kalori pada badan yang dapat dibakar. 

Film horor juga disebut-sebut jadi satu diantara langkah untuk meningkatkan adrenalinmu. Hormon adrenalin bermanfaat untuk tingkatkan metabolisme badan, hingga daya yang tersimpan dalam badanmu lebih cepat terbakar atau dipakai. 

2. Dapat Kurangi Stres 

Hal semacam ini mungkin saja terdengar aneh. Bagiamana dapat film horor kurangi stres, yang ada jadi bikin penontonnya jadi lebih stres. Eits, tunggulah dahulu. Menurut Mark Griffith, professor tingkah laku kecanduan di Nottingham Trent University, hal semacam ini dapat berlangsung lantaran beragam argumen. Satu diantaranya yaitu bila anda nonton film horor lantaran mau rasakan suatu hal yang tidak sama yang bahkan juga belum juga sempat anda rasakan dalam kehidupan keseharian. Diluar itu, nonton film horor dapat juga jadi langkah untuk melepas emosimu lantaran frustrasi atau desakan batin. Saat stres, anda butuh mencari pelampiasan yang bermanfaat untuk melegakan hatimu. Nah, satu diantara langkahnya dapat dengan nonton film horor. 

3. Baik untuk Kesehatan Otak 

Film horor disangka bisa menyebabkan otak untuk melepas senyawa kimia seperti dopamin, serotonin, serta glutamat. Diluar itu, adrenalin yang dilepaskan waktu anda melihat film horor juga mempunyai dampak anestesi serupa seperti obat. Senyawa itu baik untuk kesehatan mentalmu lantaran bisa kurangi stres serta kekhawatiran yang anda rasakan. 

4. Tingkatkan Kebal Badan 

Natalie Riddell, seseorang pakar imunologi di University College London mengungkap kalau hormone adrenalin yang dibuat jadi tanggapan fight-or-fight saat melihat film horor, bisa merubah system kebal badanmu jadi lebih kuat.
loading...

Related Posts

Meskipun Menakutkan, Ini Manfaat Menonton Film Horor
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.